Tidak Nikmat? Hati-hati!

Ketika hati gersang meradang, jiwa yang lelah menggantung gelisah, gontai langkah menyusur jalan ibadah. Setiap jadwal harian yang lima waktu berlalu begitu saja, sekelebat raga bergerak namun hati tak jua tunduk, ia terbang kemana-mana. Bisikan sendu niat yang mengawalinya tak mampu mengubah fakta bahwa jejak kali ini sama saja dengan sebelum-sebelumnya, tak punya makna, kering dan hambar.

Setiap lembaran kalamNya selesai dibaca, berat rasanya untuk lanjut ke lembar berikutnya, seperti lereng terjal yang sulit dijalani, lalu alasan segera dikemukakan untuk menutupnya dan menggantikan dengan yang lain.

Saat sebulan menahan lapar dan dahaga, benar-benar hanya lapar dan dahaga yang tertahan, sementara yang lainnya melonjak-lonjak tak lagi mau ditahan, Amalan lain berjalan sekedar rutinitas, gamang dan tanpa ruh.

Lalu puncaknya, saat sesal mencoba dihadirkan dan kesedihan karena langkah yang salah dicoba dibentangkan, yang ada hanya kekeringan. Mata tak lagi sembab, ia hanya berkedip-kedip, hilang sudah kemampuannya untuk menghadirkan haru meski dipaksa-paksa.

Lalu cermin diri mulai berlumut, hati tak lagi menjadi tempat nurani bicara kesejatian dan kehakikian, Ia sekedar segumpal darah beku yang tak lagi responsif, kosong dan membatu.

Ketika ibadahmu hambar, tak lagi kau rasakan kenikmatannya, berhati-hatilah! mungkin engkau sedang menjalani hal yang sia-sia. Katika hatimu tak lagi bertaut, segeralah introspeksi mungkin kau hanya jalani semuanya sekedar menggugurkan kewajiban, bukan berdasarkan keikhlasan.

“Katakanlah, Maukah kami kabarkan tentang orang yang paling merugi amalan mereka? Yaitu orang-orang yang telah sia-sia usaha mereka di dunia, sedang mereka menyangka telah mengerjakan sebaik-baiknya.” (Q.S. Al Kahfi 103-104)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s