Allah Memang Maha Adil

Pulang dari jamaah pagi tadi, aku mendapat petikan hikmah dari kalimat seseorang yang satu jalan menuju ke rumah. Dia adalah sosok ayah sederhana, seorang transmigran yang tinggal di Sumatra Selatan, masa lebaran ini dia mudik untuk bersilaturahmi dengan saudaranya disini.

Perjalanan satu hari satu malam dari Jogja ke Baturaja atau sebaliknya adalah hal yang telah berkali-kali ia lakukan, satu penggal kisah dalam menapaki tangga kehidupan. Membangun hidup di pulau yang lain, tentu bukanlah pilihan yang mudah pada awalnya, tapi seiring waktu hal itu telah menjadi bagian hidupnya dan ia menjalaninya dengan kesungguhan. Di tanah transmigran ia mendapatkan jatah lahan yang sekarang sudah menjadi kebun karet, tumpuan ekonomi yang selama ini telah ia geluti. Hidup sederhana dari awalnya kini sudah mulai menunjukkan perubahan yang berarti, bahkan ia sudah mampu membiayai putrinya untuk sekolah di Jogja. Dalam rangkai kisah itu ia menuturkan bahwa Allah memang Maha Adil, rezeki dibagi-bagi pada mahlukNya melalui banyak jalan, dimanapun orang ditakdirkan menjalanai kehidupan disanalah rezeki didapatkan.

Ada orang-orang yang berhasil membangun ekonomi di tanah kelahirannya, ada juga yang memilih berpindah tempat untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Dimanapun itu ketika usaha dan doa bersinergi maka kehidupan akan mendapatkan jalannya. Membentangkan kelapangan dan menuaikan hasil yang siap dipanen dihamparan padang dunia. Semoga kita selalu bisa menyadarinya dan menumbuhkan rasa syukur atas kehidupan yang kita jalani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s