Semua sudah dituliskan

sungguh dasyat penciptaan bumi ini, sehingga tidak satupun detilnya yang sia-sia…. subhanallah

hadirnya diri dalam setiap episode kehidupan, ternyata tidak selalu disadari sebagai sebuah untaian kemahakuasaanNya dalam menggerakkan mahluk, padahal tak satupun yang diam atau bergerak di dunia dan dilangit atau diantaranya yang Allah tidak mengetahuinya.

kadang terlintas dipikiran bahwa sesuatu terjadi hanya karena kebetulan, padahal tidak ada yang kebetulan dalam kehidupan ini, semua sudah dituliskan!, peranan mahluk dalam masing-masing hidupnya adalah wujud kehendak Allah yang karena ijinNya-lah semua bisa terjadi.

beberapa kali aku masuk dalam situasi yang “kebetulan”, saat seperti itu seharusnya menyadarkanku akan kekuasaan Allah pada kehidupan ini, yang detil dan saling berkaitan. setiap amal perbuatan akan berbalas : kalau itu amal baik, pada hakikatnya adalah mata rantai dari rangkaian panjang kebaikan yang akan terpanen pada saat yang tepat, tapi kalau itu amal jahat, maka rangkaian kejahatan juga akan menjadii milik diri dan tersaji kapan saja sekehandakNya

amal baik kebaikan tuk dirimu, amal jahat kejahatan tuk dirimu, tak akan pernah amal tertukar walaupun engkau begitu pintar…” *

setiap yang aku lakukan akan kembali kepadaku, tidak akan tertukar..

ketika suatu masalah hadir dalam kehidupan, terasa itu menyesak dada, membuat rencana harus ditinjau kembali, dan hari cerah menjadi kelabu, terkadang kekecewaan diwujudkan dalam kata-kata, mimik muka dan bahasa tubuh yang negatif.

tapi ketika tiba-tiba secara ‘kebetulan” ada solusi terhadap masalah itu, tidak ada ekspresi syukur kecuali sebuah pernyataan datar : bahwa ini sebuah “kebetulan”… padahal itu sudah dalam rencana detil Allah.

 

tidak ada kebetulan dalam kehidupan ini, semua sudah dituliskanNya di Lauh Mahfuhz :

”Hai orang yang sangat bodoh lagi lalai, seandainya Anda dapat mendengar jeritan suara qalam saat bergerak di Lauh Mahfuzh menulis tentang Anda, niscaya Anda akan mati terkejut” (Yahya bin Mu’adz)

*dari syair sebuah nasyid (?)

Dikirimkan di Tak Berkategori. Ditandai .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s