NIKMAT SEHAT

lafadz_1
Hari itu.. dan beberapa hari setelah itu aku kehilangan saudaraku… ia tidak beredar! ia tidak terlihat diantara shaf jamaah yang biasanya ia hadir disana. Aku berpikir mungkinkah ia sakit..? karena beberapa hari kemarin ia mengatakan tidak sehat..
ternyata dugaanku benar.. ia sakit!

Alhamdulillah saat ku tengok ia sudah lebih baik, dapat duduk-duduk tidak hanya tiduran, meski pucat masih tergambar diwajahnya. Dengan keyakinan bahwa tiap musibah yang menimpa adalah dispensasi dari Allah untuk menghapus dosa-dosa, semoga episode ini merupakan satu lagi bukti cintaNya yang makin mendekatkan ia kepadaNya.

Aku berpikir tentang sakit ini… suatu hal yang dapat menimpa siapa saja, bahkan orang yang dulunya sehat dan tak pernah sakit, tiba-tiba saja hanya dapat berbaring di tempat tidur dengan jadwal minum obat yang ketat..

Orang yang dulu kuat,… tiba-tiba menjadi orang yang tidak berdaya..

saat-saat orang sakit, ia kembali ke keadaan sebagaimana ia dilahirkan.. tidak berdaya, banyak hal sepele yang harus dibantu orang lain untuk melakukannya, ataupun kalau ia mampu melakukannya, maka harus dengan susah payah..

belum lagi biaya yang terkuras untuk pengobatan!.. banyak orang yang sakit dalam beberapa hari menghabiskan jutaan atau puluhan juta, yang mungkin merupakan hasil kerjanya selama beberapa bulan atau tahun..

mengingat saat saat-sakit seperti itu.. terasalah betapa nikmat sehat adalah nikmat yang luar biasa, nikmat yang mestinya kita syukuri dan tidak disia-siakan. Sehat adalah anugerahNya yang membentangkan jalan bagi kita untuk berikhtiar dalam banyak hal, mengisi kehidupan, dan mempersiapkan bekal pulang kita kepadaNya. Sayang kita sering lupa dengan hal itu dan terlena dalam nikmat sehat.. jangankan menyukuri , banyak waktu sehat kita hanya hilang dalam kesia-sian yang makin mempertebal catatan amal keburukan kita..

semoga hikmah ini mendalam dalam dasar kalbuku dan mengkristal menjadi kesadaran dalam memanfaatkan nikmat sehat untuk hal yang lebih hakiki dan pasti.. Amin..

Dikirimkan di Tak Berkategori. Ditandai .

2 pemikiran pada “NIKMAT SEHAT

  1. Kita biasa selalu merasa nikmat sehat kalau sedang dilanda sakit memang. Alhamdulillah saat ini badan saya sehat, jari masih bisa ngetik atau menyentuh apa saja. Mulut bisa digunakan sebagai sarana mengajar. Ok saya mau ngajar dulu ah…

    tetap sehat dan selamat mengajar!

  2. benar sekali…kita akan mengetahui nilai sesuatu itu justru ketika sesuatu itu telah hilang dari diri kita… ketika sakit kita akan mengetahui betapa berharganya sehat itu… dan bagi ornag2 yang berpikir , maka sakit tidak hanya menyisakan rasa sakit tetapi juga penyesalan.. ya penyesalan ketika merasa bahwa telah menyia-nyiakan waktu sehat untuk hal-hal yang tidak berguna…. dan sudah sepantasnya ketika kita diberi kesembuhan maka kita harus melakukan perubahan ke arah kebaikan…jangan sampai waktu terbuang sia-sia…hmmm sungguh dibalik sesuatu pasti ada hikmah yang terkandung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s