Dan semua berpihak

lafadz2
Kekecewaan menempuh dunia pasti terjadi pada semua orang, bahkan bagi mereka yang telah berlimpah harta. Ketika satu hal terpenuhi maka hal lain mungkin tidak terpenuhi, sudah fitrahnya manusia akan selalu merasa kekurangan.Sayangnya kekecewaan itu tidak jauh seputar urusan dunia saja. Jarang ada yang kecewa karena urusan akhirat, kalaulah ada seperti sahabat Anas bin Malik yang selalu menangis saat mengenang ia terlambat sholat Subuh, mungkin hanya sedikit saja.

Itu karena semua orang telah berpihak. Satu berpihak pada dunia, dan sebagian lain berpihak pada akhirat.
Keberpihakan ini sesuai kadarnya masing-masing, tetapi pada dasarnya dalam satu wadah tidak terdapat dua isi kecuali yang satu akan mendorong satunya keluar dari wadah, atau mencampurinya sehingga tidak murni lagi.

ini adalah keberpihakan hati…

keberpihakan yang merupakan sebuah pilihan di dunia, ketika amal belum ada hisab, tetapi nanti ketika kehidupan akhirat telah datang dimana hanya ada hisab tiada lagi amal, maka keberpihakan itu bukan lagi suatu pilihan tetapi ketetapan yang tidak lagi bisa diubah.

Saat hati memilih untuk berpihak pada dunia, maka parameter bahagia dan tidak bahagia adalah materi, kekecewaan bersumber pada materi dan segala perhiasannya. Hati yang seperti itu hanya akan menuai kekecewaan tak berpenghabisan.. di dunia juga di akhirat yang kekal..

Saat hati memihak akhirat maka seluruh ikhtiar adalah mencari keridhoanNya. Hati yang seperti itu akan bahagia, ia putih bersih di dunia juga di akhirat yang kekal.

kemanakah kita berpihak..?

Dikirimkan di Tak Berkategori. Ditandai .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s